Bagikan Artikel Ini:

Sebagai umat muslim yang taat, sewajibnya untuk menjalankan ibadah kepada Allah SWT dengan rajin dan khusyuk. Ibadah yang wajib untuk dilakukan seperti menunaikan sholat 5 waktu, membaca Alquran, dan berbuat kebaikan kepada sesama.

Tidak hanya itu membaca dan memaknai setiap surat-surat yang tercantum di dalam kitab suci merupakan kewajiban yang perlu dilakukan. Salah satu surat yang perlu untuk dibaca oleh umat muslim adalah surat Al kahfi. Terdapat banyak keutamaan menghafal surat Al kahfi yang akan kami bahas secara mendalam seperti berikut.

Terlindung dari Dajjal

Surat Al kahfi ayat 1-10 wajib untuk dihafal, karenanya dapat menghindarkan kita dari segala yang jahat, termasuk terhindar dari Dajjal. Barangsiapa yang menghafal surat Al kahfi akan terhindar dari Dajjal saat hari kiamat tiba nanti. Dajjal akan beredar di seluruh bumi dan membuat banyak kerusakan, ia akan menimbulkan segala tipu daya dan merusak banyak orang dan menimbulkan bahaya kebodohan bagi Islam.

Jauh dari Segala Fitnah Dajjal

Makna surat Al kahfi lainnya adalah terhindar dan terlindungi dari segala bentuk fitnah Dajjal yang membuat umat muslim masuk ke dalam neraka. Dajjal merupakan makhluk yang menipu dan membahayakan umat sehingga membuat manusia terperangkap ke dalam dosa yang besar. Letak surat Al kahfi juz ke 15 akhir dan awal juz ke 16 dalam Alquran.

Wajah Bercahaya

Umat muslim yang berniat untuk menghafal dan memaknai surat Al Kahfi akan mendapat kebaikan dan terhindar dari segala bahaya. Bagi yang dapat menghafal surat Al kahfi dengan baik maka wajahnya akan bercahaya dan setiap harinya akan terhindar dari segala dosa berat yang tidak terampuni oleh Allah. Untuk mendapatkan segala kebaikan itu, maka wajiblah untuk membaca, memaknai, serta menghafal surat Al kahfi ayat 1-10.

Terlindungi dari Bahaya

Keutamaan menghafal surat Al kahfi adalah terlindungi dari segala bahaya. Makna surat Al kahfi adalah memberikan perlindungan dan terhindar dari segala mara bahaya yang dapat menyesatkan atau mencelakai manusia. Keutamaan ini akan didapat terlebih jika membaca surat ini pada hari Jumat yang penuh dengan kemuliaan karena termasuk dalam amalan sunnah dimalam jumat.

Menjadi Orang yang Terdepan

Orang yang menghafal surat ini merupakan orang yang terdepan diantara orang-orang lainnya karena memiliki ilmu yang lebih terutama dalam pemahaman ayat-ayat suci Al Quran. Orang terdepan merupakan orang-orang yang memiliki paling banyak hafalan kitab suci.

Manusia yang Didahulukan

Terdapat satu hadist yang mengisahkan tentang orang yang didahulukan karena menghafal Al Qur’an sehingga ia menjadi orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi, begitu pula dengan menghafal surat Al Kahfi, ia tentunya memiliki derajat yang lebih tinggi karena lebih berilmu dibanding yang lain dan lebih didahulukan karena memiliki derajat yang lebih tinggi.

Mendapatkan Ridho dari Allah SWT

Seluruh umat Islam mengharapkan berkah dan rahmat dari Allah SWT dalam hidupnya. Dengan keutamaan menghafal surat Al kahfi, di setiap harinya hidup umat Islam akan terasa semakin tenteram dan damai. Membaca, memaknai serta menghafal surat Al kahfi akan menghilangkan segala rasa gelisah dan kegundahan di dalam hati. Jadi bagi siapapun yang ingin merasakan ketenangan, dapat menghafal surat Al kahfi dengan baik setiap hari.

Diampuni dosanya antara dua Jum’at

Menghafal dan memaknai surat Al kahfi terutama bagi yang melakukannya di hari Jumat akan mendapatkan pengampunan dari Allah swt.

Kisah Al-Kahfi

Surat Al kahfi memiliki kisah rahasia di dalam suratnya. Dalam surat tersebut dikisahkan mengenai beberapa pemuda dan anjing mereka yang bersembunyi dalam sebuah gua. Hal itu mereka lakukan untuk menghindari kekejaman dari para penguasa yang memiliki ideologi materialisme dan memaksa untuk kafir kepada Allah SWT.

Jauh dari Siksa Kiamat

Saat hari kiamat tiba nanti, maka segalanya akan menjadi kebalikannya. Segala yang benar akan terlihat salah dan segala yang salah akan terlihat benar. Hal ini akan membuat banyak orang yang tidak beriman akan tertipu. Namun keutamaan menghafal surat Al kahfi adalah menjauhkan umat manusia dari segala tipuan tersebut, sehingga manusia tidak akan terjatuh ke dalam perangkap dajjal untuk menipu dan tetap berada di jalan Allah yang lurus.

Menjalankan Sunnah Rasul

Menjalankan perintah atau sunnah Rasul tentunya akan mendapat kebaikan di dunia dan di akherat, begitu pula dengan keutamaan menghafal sepuluh ayat surat Al Kahfi yang merupakan sunnah Rasul, hal itu akan membawanya ke dalam kemudahan yakni mendapat kebaikan di hari akhir dan terlindung dari segala bahaya seperti dajjal dan fitnahnya.

Pahala Belajar Al Qur’an

Mempelajari ilmu agama tentunya akan mendatangkan banyak manfaat. Dengan selalu rajin membaca kitab suci dan menjalankan ibadah, maka pahala yang akan didapat semakin bertambah. Tentunya keutamaan menghafal surat Al kahfi yang disertai dengan belajar Al Quran terlebih dahulu, akan mendatangkan pahala dari kegigihannya dalam melakukan amalan dan kesungguhan dalam menjalankan sunnah dengan baik.

Ilmu Lebih Tinggi

Keutamaan menghafal surat Al Kahfi lainnya adalah orang tersebut memiliki pemahaman dan ilmu yang lebih tinggi dikarenakan ia mampu untuk memahami dari makna surat Al kahfi. Selain makna, pemahaman terhadap manfaat dari menghafal surat ini pun diketahui sehingga ia mampu untuk memiliki ilmu yang akan mendatangkan kebaikan dan mendapatkan jalan yang mudah karena memiliki niat tulus dalam mempelajari ilmu agama.

Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

Siapapun yang membaca Al Qur’an terlebih memaknai dan menghafal seluruh ayat-ayat di dalamnya akan terhindar dari bahaya. Begitu pula jika seseorang tersebut melakukan hal yang sama dalam menghafal surat Al kahfi. Keutamaan menghafal surat Al kahfi dapat membuat orang tersebut menjauh dari segala yang jahat.

Surat Al kahfi ayat 29

Sedangkan orang orang kafir akan banyak yang tersesat dan percaya pada dajjal hingga mereka akan tertipu dan menjadi pengikutnya yang akan menjadi jalan mereka untuk ke neraka hingga semua orang sholeh akan meninggal dan hanya tersisa orang orang kafir, pada saat itulah kiamat datang dan orang kafir tidak akan bisa menghindarinya. Sebab itu penting untuk selalu mengingat perintah Allah dan menjalankannya agar jauh dari jalan yang sesat.

Ayat ini memerintahkan Rasul SAW. menegaskan kepada semua pihak termasuk kaum musyrikin yang angkuh itu dengan menyatakan “Dan katakanlah wahai Nabi Muhammad bahwa: Kebenaran, yakni wahyu Ilahi yang aku sampaikan ini datangnya dari Tuhan Pemelihara kamu dalam segala hal, maka barang siapa di antara kamu, atau selain kamu yang ingin beriman tentang apa yang kusampaikan ini maka hendaklah ia beriman, keuntungan dan manfaatnya akan kembali kepada dirinya sendiri, dan barang siapa di antara kamu atau selain kamu yang ingin kafir dan menolak pesan-pesan Allah, maka biarlah ia kafir walau sekaya dan setinggi apa pun kedudukan sosialnya. Tidaklah aku, apalagi Allah Swt., akan mengalami sedikit kerugian pun dengan kekafirannya, sebaliknya, dialah sendiri yang akan merugi dan celaka dengan perbuatannya yang telah menganiaya dirinya sendiri.”

Kandungan 10 Ayat Pertama Surat Al Kahfi

Inti kandungan surah Al kahfi sangat luar biasa baik tentang kejadian maupun tentang kuasa Allah SWT. 10 ayat pertama dalam Surah ini membahas tentang:

  • Al Quran sebagai pedoman hidup yang tiada kesalahan hukum di dalamnya
  • Bahwasanya Allah akan memberikan balasan yang baik bagi orang-orang yang beriman
  • Kaum yang menyekutukan Allah Subhanahu wata’ala akan mendapatkan balasan yang setimpal
  • Tentang kaum yang tidak beriman terhadap ketentuan-ketentuan Al Quran
  • Bahwasanya dunia dijadikan perhiasan untuk menguji keimanan suatu kaum
  • Tentang keajaiban Ashabul kahfi dan segala peristiwa yang menyertainya.

Keutamaan 10 Ayat Pertama Surah Al Kahfi

Surat Al kahfi ayat1-10 memiliki keutamaan di dalamnya. Keutamaan khusus dalam 10 ayat surat Al kahfi adalah tidak hanya tentang keutamaan di dunia saja namun juga tentang keutamaan pada akhir zaman atau hari akhir yang mana hanya pertolongan dari Allah yang menjadi tumpuan utama umat manusia.

Mendapat pengampunan dosa di antara dua dosa

Sebagai manusia biasa, tentu tiap harinya kita tak luput dari berbuat dosa. Itulah sebab kenapa kita dianjurkan untuk sering-sering memohon ampun, atas dosa yang dengan sengaja atau tanpa sengaja kita lakukan. Tidak hanya membaca istigfar, Rasulullah SAW juga meriwayatkan kepada semua umatnya untuk membaca surat Al kahfi pada hari Jumat.

Setan takut pada rumah yang dibacakan surah Al Kahfi

Ibnu Mardawaih dari Abdullah Bin Mughaffal menyebutkan bahwa suatu rumah yang dibacakan surat Al kahfi dan al Baqarah tidak akan bisa dimasuki oleh setan sepanjang malam itu. Maka tidak perlu lagi untuk menunda dan niatkanlah hati serta lakukanlah amalan ini untuk menghindari perbuatan setan di setiap hari. Sunah membaca surat Al kahfi ini dapat dilakukan pada malam Jumat atau pada hari Jumat, serta malam Jumat yang diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan membaca surat ini akan berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jumatnya.

Faedah Surat Al kahfi

Di dalam surat Al kahfi terdapat beberapa faedah yang terkandung di dalamnya, yaitu:

  1. Al Quran merupakan sumber ilmu yang lurus dan tidak terdapat sedikitpun yang bengkok.
  2. Dijelaskan bahwa kenikmatan dunia hanyalah sebagai hiasan, yang bertujuan untuk menguji manusia
  3. Terkandung pelajaran seorang da’i yang sangat iklhas, dan bisa saja mendapatkan tekanan batin dikarenakan beban berat dalam berdakwah.
  4. Terkandung pelajaran bahwa manusia harus berusaha untuk menyelamatkan aqidah dan agamanya, meskipun dia harus diusir dari negerinya.
  5. Terkandung bahwa Allah akan memberi tambahan dan kekuatan hidayah, bagi umat manusia yang memiliki komitmen pada kebenaran dan berani untuk memperlihatkannya.
  6. Terkandung pelajaran bahwa meninggalkan kemaksiatan belum bisa dinilai sempurna, hingga seseorang tersebut meninggalkan para pelaku kemaksiatan.
  7. Terkandung pelajaran bahwa orang yang pergi meninggalkan sesuatu karena Allah, maka Allah akan menggantinya dengan kehangatan rahmat dan hidayah-Nya.
  8. Allah akan selalu menjaga hamba-Nya yang sholeh meskipun mereka telah tiada.
  9. Bahwa tawakkal yang sejati berarti pasrah kepada Allah setelah melakukan usaha mengambil sebab.

Kesimpulan :

Apa makna dari surat AL kahfi ?

Terhindar dan terlindungi dari segala bentuk fitnah Dajjal yang membuat umat muslim masuk ke dalam neraka.

Apa keutamaan menghafal surat Al kahfi ?

Terlindungi dari segala bahaya.

Apa keutamaan khusus dalam 10 ayat surat al kahfi ?

Tidak hanya tentang keutamaan di dunia saja namun juga tentang keutamaan pada akhir zaman atau hari akhir yang mana hanya pertolongan dari Allah yang menjadi tumpuan utama umat manusia.

(Visited 3.983 times, 2 visits today)
WhatsApp WhatsApp us